Entri Populer

Kamis, 29 Januari 2015

PREDIKSI UAS BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2015



UJIAN SEKOLAH SMA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA 
Program Studi : IPA/IPS
Hari/Tanggal :
Pukul : 08.00–10.00

PETUNJUK UMUM
1.  Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN.
2.  Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN.
3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya, pastikan setiap lembar soal memiliki nomor paket yang sama dengan nomor paket yang tertera pada cover.
4.  Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
5.  Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
6.  Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
7.  Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian, bila diperlukan.
8.  Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung  lainnya.
9. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

Cermatilah paragraf berikut!
1)                  Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralism. 2) Melalui latihan teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain dan memahami orang lain dari tokoh-tokoh yang yang ditampilkan. 3) Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. 4) Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang social seseorang. 5) Karakter seseorang juga dapat terbentuk dari latar budaya seseorang.
1.             Ide pokok paragraph tersebut adalah . . .
A.       Manfaat peran seni teater.
B.          Pengajaran dalam teater.
C.          Pengenalan karakter orang.
D.         Runtuhnya karakter bangsa.
E.          Terbentuknya karakter seseorang.
Paragraf berikut untuk soal nomor 2 dan 3!
(1) Salah satu faktor penghambat perkembangan jumlah pemakai internet di komunitas sekolah dan kampus adalah infrastruktur (perangkat dan jaringan) dan tariff yang dirasakan masih cukup tinggi. (2) Dana untuk pengadaan infrastruktur dan berlangganan terkadang tidak dapat ditanggulangi sekolah termasuk orang tua murid sehingga perlu ada insentif khusus dari Telkom. (3) Program insentif khusus akses komunitas sekolah diberi nama TelkomNet sekolah. (4) Internet sebagai media penyebaran informasi global dirasakan manfaatnya sejak pertengahan dasawarsa 90-an. (5) Ragam yang sejalan dengan program sosialisasi penggunaan internet ini memberikan diskon sebesar 40 persen dari pemakaian normal akses TelkomNet Instant.
2. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)



3. Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)


 Cermatilah paragraf berikut ini!

Anak-anak Bandung boleh bangga. Di kotanya berdiri objek wisata baru yang diresmikan dua tahun lalu. Namanya “Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda”. Taman yang bukan sembarang taman ini berdiri indah di perbukitan Bandung Utara. Tepatnya diperbukitan Dago Utara. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, membuat taman ini banyak dikunjungi orang. Apalagi kalau hari libur. Yo! Kita ke sana yooo!
4.  Fakta yang terdapat dalam paragraf di atas adalah . . . .
A. Taman Hutan Raya Ir. Djuanda terletak di Bandung Utara.
B. Kebanggaan anak Bandung dengan adanya objek wisata.
C. Taman ini banyak dikunjungi wisatawan.
D. Salah satu fungsi taman ini adalah untuk berkemah.
E. Tumbuhnya rasa bangga bagi pengunjung yang datang ke sana.

 Cermatilah paragraf berikut ini!
(1) Setiap makhluk hidup memerlukan energi. (2) Energi ada bermacam-macam (3) minyak bumi yang digunakan terus menerus akan terancam habis (4) hendaknya dilakukan penghematan energi (5)energi listrik digunakan untuk penerangan dan pemakaian alat-alat elektronik

5. Opini yang terdapat dalam paragaf di atas yaitu ….

A.    nomor 1
B.     nomor 2
C.     nomor 3
D.    nomor 4
E.     nomor 5


Teks berikut untuk soal nomor 6 dan 7

            Komodo berangsur menjadi terkenal sejak ditemukan peneliti asing pada tahun  1910. Seiring dengan popularitasnya yang mendunia, semakin banyak orang yang menyambangi keempat pulau itu, terutama Pulau Komodo dan Pulau Rinca, dua pulau dengan populasi komodo terbanyak. Tidak hanya wisatawan , banyak juga yang datang untuk meneliti keunikan binatang purba yang masih bertahan sampai sekarang itu.

6. Kalimat Tanya yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah . . .
A.    Mengapa komodo menjadi terkenal di dunia internasional?
B.     Bagaimana cara melestarikan dan mengembangkan populasi komodo?
C.     Kapan komodo berangsur menjadi terkenal?
D.    Di mana para peneliti komodo memusatkan penelitiannya?
E.     Siapa yang berinisiatif untuk meneliti populasi komodo?

7. Arti kata populasi pada teks tersebut adalah . . .
A.    terkenal
B.     lingkungan
C.     kelas
D.    sekelompok
E.     jenis

Cermati paragraf berikut!
Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan atau hanya dinikmati keindahannya. Keanekaragaman hayati tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman seperti kunyit, jahe dan jeruk limau dapat kita temui sehari-hari. Ketiga tanaman tersebut biasanya kita tanam di pekarangan rumah. Ketiga tanaman tersebut dapat digunakan untuk mengobati penyakit ringan, seperti batuk, masuk angin, dan panas dalam. Tanaman obat tersebut  dapat dijadikan alternatif  berobat yang lebih aman dan alami.

8. Tujuan artikel tersebut untuk pembaca adalah . . .
A.    Member pengetahuan baru  bahwa tanaman di Indonesia ternyata dapat digunakan sebagai obat penyakit.
B.     Memberitahukan bahwa kunyit, jahe, dan jeruk limau termasuk tanaman obat yang dapat menyembuhkan penyakit ringan.
C.     Memperoleh cara mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang dengan memberikan obat-obatan tradisional.
D.    Membedakan khasiat obat yang dibeli dengan khasiat obat yang diperoleh dari tanaman, seperti kunyit, jahe, dan jeruk limau.
E.     Membendingkan dampak-dampak positif obat dari tanaman bagi pengguna obat tradisional tersebut.

Cermatilah paragraph berikut!
            Taufik Ismail dilahirkan di Bukit Tinggi pada tanggal 25 Juni 1935. Taufik dibesarkan di Pekalongan. Taufik  tumbuh  dalam  keluarga guru dan wartawan yang suka membaca. Ia bercita-cita menjadi sastrawan sejak SMA. Dengan pilihannya sendiri, ia menjadi dokterhewan dan ahli peternakan . Ia ingin memiliki bisnis peternakan guna menafkahi cita-cita kesastraannya. Ia tamat FKHP-UI Bogor pada tahun 1963. Akan tetapi, ia gagal memiliki usaha ternak yang dahulu ia rencanakan di sebuah pulau di selat Malaka.
            Semasa kuliah Taufik Ismail aktif sebagai ketua senat Mahasiswa FKHP-UI (1960-1961) dan Waka Dewan Mahasiswa UI (1961-1962). Di Bogor ia pernah menjadi guru di SKP Pamekar dan SMA Regina Pacis. Ia juga mengajar di Institut Pertanian Bogor. Karena menanda tangani Manifesto Kebudayaan dan gagal melanjutkan studi manajemen peternakan di Florida (1964), ia diberhentikan sebgai dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB)
            Taufik Ismail aktif menulis di berbagai media, menjadi wartawan, dan salah seorang pendiri Horison (1966). Selain itu, ia ikut mendirikan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan menjadi pimpinannya, Pj. Direktur TIM. Rektor LPKJ, dan Manager Hubungan Luar Unilever. Taufik Ismail merupakan penerima beasiswa AFS International Scholarship sejak 1958 dan aktif di AFS Indonesia. Di AFS Taufik Ismail menjabat sebagai ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Antarbudaya. AFS merupakan penyelenggara pertukaran pelajar antarbangsa yang selama 41 tahun (sejak 1957) telah mengirim 1.700 siswa ke 15 negara.

9. Hal yang dapat diteladani dari tokoh Taufik Ismail berdasarkan kutipan tersebut adalah . . .
A.    Taufik Ismail tumbuh dalam keluarga guru dan wartawan yang suka membaca.
B.     Taufik Ismail bercita-cita menjadi sastrawan, tetapi kuliah dipeternakan atau dokter hewan.
C.     Taufik Ismail aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, kebudayaan, penulisan, dan pendidikan.
D.    Taufik Ismail menjadi anggota Dewan Pembina Yayasan Bina Antarbudaya selama 41 tahun.
E.     Taufik Ismail terpilih sebagai anggota Board of Trustees AFFIS di New York dari tahun 1974-1976.

Cermati tajuk berikut untuk menjawab soal no. 10 dan 11!

            DPR dan Pemerintah akan mendapat pujian dari rakyat seandainya revisi RUU KPK bertujuan memperkuat kewenangan KPK. Apalagi revisi RUU KPK tersebut diharapkan melahirkan UU yang dapat memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh, seperti kemiskinan dan hukuman mati bagi koruptor, bukannya member peluang kepada mereka untuk bebas menikmati hasil jarahan.
            Jangan biarkan rakyat terus-menerus menjadi pelengkap penderita, hanya dibuai janji pejabat. Sekarang program-program Pemerintah harus menyejahterakan rakyat. Jangan sampai program-program tersebut diselengkan para koruptor, baik yang ada di eksekutif, legislative, maupun yudikatif. Jangan biarkan hukum hanya tajam kepada rakyat, tetapi tumpul kepada penguasa dan pengusaha.

            Sepantasnya rencana DPR merevisi RUU KPK dibatalkan jika bukan untuk menguatkan KPK. Penghentian rencana itu harus tuntas agar tidak melanggar aturan main. Hal tersebut dikarenakan revisi RUU KPK sudah merupakan Progran Legislatif Nasional (Prolegnas). Jadi, penghentiannya harus dilakukan melalui rapat paripurna DPR. Dalam rapat tersebut seluruh fraksi mengemukakan pendapat mereka. Pemerintah selayaknya segera membuat kesepakatan dengan DPR guna mencabut RUU KPK itu. Jangan biarkan urusan revisi RUU KPK berlarut tanpa ujung.

10. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah . . .
A.    DPR dan Pemerintah akan merevisi RUU KPK yang dapat memperkuat kedudukan KPK.
B.     RUU KPK memperlihatkan keseriusan Pemerintah memberantas korupsi secara sungguh-sungguh.
C.     Revisi RUU KPK merupakan program tahuna dari pemerintah dalam Program Legislasi Nasional.
D.    Revisi RUU KPK harus menguatkan KPK dan rakyat kecil yang selalu menjadi korban dari pejabat
E.     Rakyat miskin selalu terkena sangsi dari perilaku yang melanggar hokum, sedangkan pejabat tideak

11. Opini penulis tajuk rencana ditujukan kepada . . .
A.    Pemerintah Indonesia
B.     Dewan Perwakilan Rakyat
C.     Rakyat yeng melanggar okum
D.    Komisi Pemberantasan Korupsi
E.      DPR dan Pemerintah



12. Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ....
A. Jumlah balita penderita gizi buruk di Provinsi DIY sejak tahun 2003 hingga tahun 2006 meningkat.
B. Jumlah balita penderita gizi buruk di Provinsi DIY sejak tahun 2004 hingga tahun 2006 menurun.
C. Jumlah balita penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta dari tahun 2003 hingga tahun 2006 meningkat.
D. Jumlah balita penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta dari tahun 2003 hingga tahun 2006 menurun.
E. Jumlah balita penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta sejak tahun 2003 hingga tahun 2004 menurun.

13. Simpulan grafik tersebut adalah ....
A. Balita kekurangan gizi di Daerah Istimewa Yogyakarta berkurang.
B. Balita gizi buruk di Daerah Istimewa Yogyakarta meningkat.
C. Balita gizi buruk di kota Yogyakarta meningkat dari tahun 2004-2006.
D. Jumlah balita gizi buruk di Yogyakarta lebih besar dibandingkan yang di DIY 2003-2006.
E. Balita gizi buruk di kota dan DIY seimbang.

Bacalah penggalan hikayat berikut!
Syahdan, maka adalah raja di dalam negeri itu telah kembali ke rahmatullah. Maka ia pun tiada beranak seorang jua pun. Maka segala menteri dan hulubalangnya dan orang-orang besar dan
orang-orang membicarakan, siapa juga yang patut dijadikan raja menggantikan raja yang telah kembali ke rahmatullah itu. Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri
yang tua daripada tuan hamba sekalian itu. Maka ia pun berkata, katanya: “Adapun hamba ini tua daripada tuan hamba sekalian itu. Jikalau ada gerangan bicara, mengapa segala saudaraku ini
tiada hendak berkata?”

14. Amanat cerita dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Setiap manusia pasti akan meninggal dunia, sekalipun seorang raja.
B. Sebaiknya seorang raja memiliki keturunan agar ada yang meneruskan kekuasaannya.
C. Segala sesuatu harus diputuskan secara musyawarah mufakat.
D. Dalam sebuah musyawarah hendaknya meminta pendapat semua anggota yang hadir.
E. Orang yang muda diberi kesempatan menyampaikan gagasannya.

Bacalah kutipan berikut dengan saksama!
(1) Sepeninggal kedua orang tuanya anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. (2) Benar saja seperti yang dikatakan oleh orang tuanya. (3) Pada suatu hari yang panas, hujan turun rintik-rintik dan ada pelangi. (4) Terlihat air di sungai berubah menjadi putih seperti air susu. (5) Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam perkelahian maut dengan naga putih. (6) Namun, anak itu tak dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena itu ia tetap duduk termenung sampai akhir hayatnya.
(Legenda Lok si Naga: Cerita Rakyat dari Kalimantan, oleh James Danandjaja)

15. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah ....
A. Seorang anak yang merasa bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya.
B. Seorang anak yang sering duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah air sungai.
C. Seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
D. Seorang anak yang selalu patuh dan menurut nasihat orang tua.
E. Seorang anak yang senang melihat air sungai berwarna putih seperti susu.

Kutipan novel berikut untuk soal nomor 16 dan 17.
            Kepala sekolahnya adalah seorang pejabat penting, Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan dirinya sedang bertempur mati-matian melawan usia dan tampak jelas pula, dalam pertempuran itu, beliau telah kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar, progresif, ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampong. Gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegas kelas sosialnya. Di dekatnya siapa pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia seperti orang Melayu yang baru belajar memasak, bumbunya cukup tiga macam: pembicaraan tentang fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran ekstrakurikuler jutaan rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi dokter, insinyur , ahli ekonomi, pengusaha, dan orang-orang sukses di kota atau bahkan di luar negeri.
16. Tokoh Ibu Frisca yang angkuh dan sombong dideskripsikan melalui . . .

A.    dialog antar tokoh
B.     lingkungan tokoh
C.     pikiran tokoh
D.    tindakan tokoh
E.     uraian langsung  

17. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan novel tersebut adalah . . .
A.    Jadilah wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong.
B.     Jangan angkuh dan sombong kalau menjadi wanita terpelajar.
C.     Bersikaplah keras dalam memimpin, tetapi tetap santu kepada orang lain.
D.    Bersikaplah rendah hati, santu, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat tinggi.
E.     Jangalah mengingkari kodrat atau yang diberika  kepada kita.

Kutipan drama berikut untuk soal nomor 18 dan 19!
Bapak              : Nak, pertimbangkan bukanlah karena masa depan adikmu seorang. Juga bukan
  karena masa depan sisa hidupku.
Sulung             : Hem, lalu? Karena rumah dan tanah pusaka ini barangkali ya, Pak?
Bapak              : Sesungguhnyalah, Nak, lebih karena itu.
Sulung             : Oo, ya! Apa itu, Bapak?
Bapak              : Kemerdekaan.
Sulung             : Kemerdekaan? Kemerdekaan siapa?
Bapak              : Bangsa dan bumi pusaka.

18. Masalah utama yang diungkapkan dalam kutipan drama tersebut adalah . . .

A.    harta pusaka
B.     kemerdekaan bangsa
C.     masa depan
D.    sisa hidup
E.     pertimbangan hidup

19. Amanat yang terdapat dalam kutipan drama tersebut adalah . . .
A.    Nasihat orang tua lebih berharga daripada apa pun.
B.     Selain memikirkan keluarga, kita juga memikirkan bangsa dan Negara.
C.     Kita harus merebut kemerdekaan Negara dan bangsa ini.
D.    Dalam hidup ini kita harus memiliki pertimbangan hidup yang berarti.
E.     Keluarga lebih penting daripada kemerdekaan bangsa.

Cermatilah puisi berikut!
Salju
Ke manakah pergi
Mencari matahari
Ketika salju turun
Pepohonan kehilangan daun

Ke manakah jalan
Mencari lindungan
Ketika tubuh kuyup
Dan pintu tertutup

Ke manakah lagi
Mencari api
Ketika bara hati
Padam tak berarti
20. Amanat yang terkandung dalam puisi adalah . . .
A.    Orang tetap berusaha mencari tujuan hidupnya meskipun banyak halangan.
B.     Mencari tujuan hidup lebih penting daripada kebahagiaan dan kepuasan batin
C.     Kebahagiaan yang abadi akan kita dapat jika kita dapat menyucikan diri.
D.    Tujuan hidup akan tercapai jika kita mau menyucikan diri kita dari dosa.
E.     Dekatkan diri kepada Tuhan saat belum menemukan tujuan hidup.

 Cermati gurindam berikut!
Jika orang muda kuat berguru
Dengan syaitan jadi berseteru

21. Maksud baris-baris gurindam tersebut adalah . . .
A.    Anak muda yang berpendidikan tidak akan mudah tergoda berbuat jahat.
B.     Anak muda harus rajin dan jangan mudah tergoda.
C.     Jangan suka menggoda anak muda yang sedang berguru.
D.    Perbuatan jahat di manapun harus dihindari.
E.     Anak muda hendaknya memanfaatkan waktu muda dengan berguru.

22. Perhatikan pantun berikut!
Apa guna berkain batik,
kalau tidak berbaju kasa
Apa guna berwajah cantik,
kalau tidak berbudi bahasa.

Pantun tersebut berisi . . .
A.    Budi bahasa harus dijunjung dalam setiap pergaulan
B.     Wajah cantik sangan memengaruhi budi bahasa seseorang.
C.     Perilaku seseorang tidak ditentukan dari wajhnya.
D.    Seseorang berwajah cantik sudah tentu budi bahasanya juga baik.
E.     Wajah cantik tidak berguna jika budi bahasanya tidak baik.

23. Cermatilah pantun berikut!
Pergi berlibur ke pantai,
pulangnya naik odong-odong.
Jadilah anak yang pandai.
. . . .

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . .

A.    janganlah selalu tolong-menolong.
B.     perangai baik dan tidak sombong.
C.     punya teman suka menolong.
D.    jangan bicara omong mkosong.
E.     punya otak janganlah bolong


24. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Hal menarik dan penting tersebut di antaranya mengungkapkan berbagai ide b isnis tanpa modal dilengkapi dengan teknik aplikasinya.
2) Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kecintaan terhadap sesame sekaligus membantu program Pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran.
3) Komunitas Pengusaha Muda Lampu Hijau bersama Yayasan Lentera Hati Yogyakarta akan mengadakan tour workshop entrepreneur gratis.
4) Selain itu, setiap peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan langsung dari beberapa unit usaha bisnis Lampu Hijau dan Lentera Hati Yogyakarta.
5) Dalam acara tersebut, setiap peserta akan mendapatkan hal-hal yang menarik dan penting.

Susunan kalimat tersebut agar menjadi paragraph yang padu adalah . . .

A.    3)- 1)- 5)- 4)- 2)
B.     3)- 2)- 1)- 4)- 5)
C.     3)- 2)- 5)- 1)- 4)
D.    3)- 4)- 2)- 1)- 5)
E.     3)- 5)- 1)- 4)- 2)


25. Objek wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. . . . tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenan (sunset). Turis-tiris biasanya berkunjung pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di Tanah Lot.
Kalimat deskripsi yang sesuai untuk melengkapi paragraph di atas adalah . . .
A.    Selain di Tanah Lot, pura pemujaan juga terdapat di wilayah lain.
B.     Di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing dan menjorok ke laut.
C.     Pantai ini merupakan objek wisata yang memiliki keindahan sunset memesona.
D.    Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini adalah pada pukul 17.00 WITA.
E.     Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata terkenal di Bali, selain Bedugul
26. Mobil yang terawat  akan jauh dari kerusakan. Begitu pula dengan tubuh manusia. Tubuh manusia yang dirawat dan dijaga dengan baik akan tetap sehat dan bugar. Jika mobil dirawat dengan pemeriksaan rutin dan ganti oli, tubuh manusia dapat dirawat dengan olahraga dan menerapkan pola makan yang baik.
Kesimpulan yang tepat untuk untuk melengkapi analogi di atas adalah . . .
A.    Agar tetap sehat dan bugar, tubuh manusia harus dirawat dengan baik, seperti mobil yang perlu perawatan agar tetap baik.
B.     Tubuh manusia membutuhkan nutrisi lebih agar tetap sehat dan bugar.
C.     Untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari manusia memerlukan nutrisi tambahan.
D.    Tubuh manusia bisa mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.
E.     Manusia yang mudah lelah membuktikan bahwa tubuhnya kurang perawatan.
27. Perhatikan paragraph berikut!
     Selain air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah ini adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Keistimewaan lain buah ini yaitu mengandung lemak sangat sedikit, hanya 0,3 g/100g. buah sirsak juga mengandung banyak serat pangan (dietary fiber) mencapai 3,3 g/100 g daging buah. Jadi . . . nutrisi tubuh manusia.

Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraph generalisasi adalah . . .
A.    Buah sirsak sangan baik digunakan untuk obat kanker.
B.     Buah sirsak sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia.
C.     Tidak hanya buahnya, daun sirsak sangat bermanfaat untuk membunuh sel kanker.
D.    Menanam pohon sirsak dapat mendatangkan keuntungan berlipat.
E.     Buah sirsak sangat dicari masyarakat.
28.    Cermati silogisme berikut!
Premis umum       : semua siswa yang ingin ikut kegiatan bakti sosial harus mendaftar   terlebih dahulu
Premis khusus      : ....
Simpulan         : jadi, Rino harus mendaftar terlebih dahulu

Kalimat premis khusus yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah....
A.   Rino ingin ikut  kegiatan bakti sosial
B.    Rino adalah penggerak aksi sosial
C.    Rino memiliki sifat peduli sosial
D.   Rino sangat aktif pada kegiatan sosial
E.    Rino salah satu siswa yang ingin medaftar

29.  Cermati topik pidato dan kalimat persuasif berikut!
Topik pidato:
Bahaya merokok bagi kesehatan
1.     Merokok berarti membahayakan diri perokok sendiri
2.     Banyak merokok bararti menambah devisa negara
3.     Banyak merokok berarti menambah devisa lapangan kerja
4.     Hentikan merokok karena membahayakan kesehatan
5.     Kurangi merokok demi kesehatan jantung.
            Kalimat persuasif yang sesuai dengan pidato tersebut adalah kalimat ....
A.   1 dan 2                               C. 2 dan 3                               E. 4 dan 5
B.    1 dan 3                               D. 3 dan 4

30.  Perhatikan paragraph berikut
Indian Institut Of Technology (IIT) Rajasthan siap membantu Indonesia … kopmuter tablet murah seharga 35 Dolar AS. IIT Rajasthan bersedia menyediakan bantuan … hingga pengembangan produksi. Siaran pers KBRI New Delhi yang diterima ANTARA di Jakarta, bahwa ketua tim pengembang tablet “Aakhaas”, Prof. S. Yadav menyampaikan kesediaan itu kepada Dubes RI untuk India Letjen TNI (purn) Andi M. Ghalib. Andi yang didampingi atase pendidikan KBRI New Delhi, Dr. Son Kuswadi menyambut baik tawaran tersebut dan akan mengajak beberapa universitas di Indonesia untuk melaksanakan … tersebut
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut di atas adalah ….
A.    memroduksi, tekhnis, projek
B.    memroduksi, tehnis, proyek
C.    memproduksi, tehnis, projek
D.   memproduksi, teknis, proyek
E.    memproduksi, teknis, projek


31.  Cermati paragraf rumpang berikut!
Direktur ... lembaga pers Dr. Sutomo (LPDS), Bop Priyambodo, kerap merasakan “lonely”  dalam perjuangan memebela kebebasan pers. Ia merasakan hal tersebut karena yang .... berjuan untuk itu ternyata mereka-mereka itu juga yang “nongkrong” di LPDS, alias turun dari sekretariat Dewan Pers di lantai 7 ke lantai 3 Gedung Dewan Pers. Pakar komunikasi FISIp UI, prof. Dr. Bachtiar Aly, merasa bahagia pada peringatan HUT LPDS kali ini karena peringatan HUT LPDS digelar di hotel dan bukan di gedung tua di jalan Kebun sirih no. 32 itu.

Kata serapan yang baku untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   Ecekutive, aktif
B.    Exekutif, aktip
C.    Eksekutif, aktif
D.   Eksekutif, actif
E.    Exekutif, aktif

32.  Cermatilah paragraf berikut!
Akibat pembabatan hutan terus berlangsung, usaha .... orang utan Kalimantan (pongopygmaeus) .... ancaman serius. Sejumlah penyelamat satwa liar dan pemerintah kini sulit mendapatkan hutan untuk orang utan usai dirawat di pusat rehabilitasi. Beberapa waktu yang lalu sebanyak seribu orang utan lebih .... ke hutan.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang adalah....
A.   Menyelamatkan, berhadapan, kembalinya
B.    Penyelamatan, menghadapi, dikembalikan
C.    Diselamatkan, dihadapkan, mengembalikan
D.   Keselamatan, menghadapkan, pengembalian
E.    Menyelamatkan, menghadapi, kembalikan.

33.  Cermati penggunaan kata ulang dalam kutipan berikut!
Masalah yang dihadapi Dora....susah untuk diselesaikan....berusaha membantu menyelesaikan. Namun.... malah menjauh ketika mengetahui Dora terlibat obat-obatan terlarang. Masalah utama pada awalnya adalah kurangnya kasih sayang. Kemudian, Dora terlibat bisnis online yang merugikan banyak orang. Setelah itu, Dora tertangkap karena mabuk membawa mobil selesai pesta ulang tahun temannya. Pada waktu itu, diketahui pula bahwa Dora adalah pemakai obat-obattan terlarang.

Penggunaan kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   Saling kait-mengait , para guru-guru semua temannya
B.    Saling kait-mengait, para guru-guru, teman-temannya
C.    Saling mengait satu sama lain, guru- guru, teman-temannya
D.   Kait-mengait, para guru-guru, semua teman-temannya.
E.    Kait-mengait, guru-guru, teman-temannya

34.  Cermati paragraf narasi berikut
Aku dan keluarga pergi ke Pontianak saat liburan sekolah beberapa tahun lalu. Banyak tempat menarik yang dapat kami kunjungi selama di Pontianak. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Sintawang. Kam mengunjungi Sintawang dengan mobil. Waktu yang kami perlukan lebih dari 9 jam. Sintawang merupakan daerah penghasil tenun ikat. Motif tenun ikatnya sangat unik. Corak dari kain tenun tersebut merupakan khas Kalimantan Barat. Ibu hanya membeli beberapa kain saja sebagai .... harga tenun ikat tergolong mahal, tergantung motif dan bahannya. Harganya bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

A.   Banting tulang
B.    Gulung tikar
C.    Angkat kaki
D.   Naik pitam
E.    Buah tangan
35.  Cermati kutipan cerpen berikut!
“Sudah lama benar ibu ingin berandai-andai dengan kamu anakku, tapi kamu dalam kesempitan saja. Saat ini air mukamu jernih, keningmu licin, boleh ibu menuturkan se niat ibu itu, supaya jangan .... nantinya “.” Apa yang terasa di hati ibu, yang terkalang di mata ibu? Ceritakanlah!”.” Ingatlah anakku hanya engkau seorang saja. Ayahmu sudah sampai ajalnya. Tidak lain hidupku hanya untuk engkau sendiri saja. Jangan tinggalkan ibu. Undurkan niatmu untuk pergi merantau.”

Peribahasa yang sesuai untuk melengkapi penggalan cerpen tersebut adalah....
A.   menjadi duri dalam daging
B.    seperti telur di ujung tanduk
C.    seperti pungguk merindukan bulan
D.   seperti rusa masuk kampung
E.    seperti api dalam sekam

36.  Cermati paragraf berikut
Udara pagi di persawahan terlalu cerah dan terlalu panas. Daun-daun padi ditup angin terlihat bergoyang pelan. Cuaca di langit biru kelabu tidak tertutup awan. Kuhirup udara dan terscium wangi dedaunan padi. Hatiku semakin terasa damai.

Frasa yang sesuai untuk mengganti frasa yang dicetak miring dalam paragraf adalah tersebut adalah....
A.   Hampir cerah, segar sekali, biru bersih
B.    Sangat cerah, cerah sekali, biru bersih
C.    Sangat cerah, agak dingin, sangat kelabu
D.   Hampir cerah, agak panas, biru kelabu
E.    Begitu cerah, cukup segar, sangat putih

37.  Cermati paragraf berikut!
Berbagai cara akan ditempuh oleh siswa yang baru lulus SMA untuk dapat berebut kursi di perguruan tinggi favoritnya. Ada siswa yang belajar keras sampai begadang atau ada yang mengikuti berbagai bimbingan tes. Di samping itu, ada yang melalui jalur khusus, yaitu pemberian kesempatan kepada siswa yang mampu secara finansial untuk duduk di Universitas pilihannya. Ada juga yang masuk Universitas tanpa tes maka dia memiliki prestasi gemilang dan memiliki nilai akademis yang ditargetkan suatu perguaruan dengan jalur PMDK (penelusuran minat dan kemampuan)dan ada juga melalui jalur pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi.

Kata penghubung yang tepat untuk mengganti kata yang dicetak miring dalam paragraf tersbeut adalah.....
A.   Dan, karena, atau
B.    Dan, tetapi, atau
C.    Hingga, karena, tetapi
D.   Hingga, jika, atau
E.    Dan, jika, tetapi

38.  Cermati paragraph berikut!
1)     Ancaman di negeri kita sekarang adalah hadirnya orang-orang oportunis dan orang-orang picik. 2) Sikap gotongroyong dan rasa solidaritas masyarakat semakin hilang pamornya. 3) Kehidupan modern tampaknya lebih mengedepankan individualisme daripada gotong royong. 4)  Orang-orang kapitalis juga jangan sampai mendobrak kehidupan kita. 5) Mungkin kita harus melakukan reformis secara besar-besaran untuk membangun kembali kehidupan kita yang terkenal dengan kegotongroyongan ini.
Penggunaan istilah yang tidak tepat terdapat dalam paragraph tersebut terdapat pada nomor …
A.    1),
B.     2)
C.     3)
D.    4)
E.     5)

39.  Cermati surat undangan berikut!
Sehubungan dengan persiapan pelepasan kelas XII SMA Sentosa, kami panitia mengundang Bapak/Ibu pengurus komite SMA Sentosa untuk menghadiri rapat yang diadakan pada
....

Penulisan pemerian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah....
A.   hari, tanggal           : Sabtu, 12 Mei 2012;
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB;
tempat                   : aula SMA Sentosa;
acara                      : penetapan acara dan dana.

B.    Hari, tanggal          : Sabtu, 12 Mei 2012,
Waktu                   : 10.00 – 12.00 WIB,
Tempat                  : aula SMA Sentosa,
Acara                     : penetapan acara dan dana.

C.    hari, tanggal           : Sabtu, 12 Mei 2012,
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat                   : aula SMA Sentosa,
acara                      : penetapan acara dan dana.

D.   HARI, TANGGAL           : SABTU, 12 MEI 2012,
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat                   : aula SMA SENTOSA,
acara                      : penetapan acara dan dana.   

E.    hari, tanggal           : sabtu, 12 Mei 2012,
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat                   : aula SMA SENTOSA,
acara                      : penetapan acara dan dana.   

40.  Perhatikan iklan lowongan berikut!
Lowongan
Dibutuhkan wanita lulusan S1, bisa komputer u/bagian Adm. Pembukuan & tinggal di Mess di jalan Hayam Wuruk 4 ruko Glodok Jaya.
Telepon 8373665
                                    Sumber: Jaya Kompas, 28 Maret 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah....
A.   Berdasarkan iklan lowongan di harian kompas kami mengajukan lamaran pekerjaan supaya saya dapat mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan anda.
B.    Setelah membaca iklan di harian kompas 28 Maret 2011, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga administrasi pembukuan yang dimaksud
C.    Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Vine, 23 tahun, sarjana Akuntansi, mengajukan lamaran menjadi tenaga komputer dari administrasi yang bapak/ibu cari melalui iklan.
D.   Sehubungan dengan iklan lowongan pada harian kompas, 28 Maret 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pembukuan pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.
E.    Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan pada harian kompas, 28 Maret 2011 tentang bagian asministrasi pembukuan, dengan ini saya mengajukan pekerjaan di perusahaan ini.

41.  Cermati kalimat penutup surat berikut!
Atas perhatiannya, tak lupa diucapkan terimakasih banyak.

Perbaikan yang tepat untuk penutup surat tersbeut adalah....
A.   Atas perhatiannya, saya berterima kasih banyak
B.    Atas perhatian ibu/bapak saya ucapkan terima kasih
C.    Atas perhatian Ibu /Bapak, saya mengucapkan terima kasih
D.   Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih
E.    Atas perhatia ibu/bapak, kami haturkan terima kasih.

42.  Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah....
A.   Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
B.    Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
C.    Menggali potensi Diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
D.   Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
E.    Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri

43.  Tema karya tulis: Kirab budaya sebagai terapi mental untuk pemulihan kepercayaan                               masyarakat Yogyakarta

Latar belakang yang tepat untuk tema tersebut adalah....
A.   Kitab budaya adalah pawali untuk memberi persembahan ke gunung Merapi dan laut Selatan agar terhindar dari bencana besar dan mengerikan.
B.    Kitab budaya merupakan acara yang dipercaya masyarakat Yogyakarta dapat membebaskan mereka dari bencana gunung merapi, gempa bumi, dan tsunami Indonesia
C.    Masyarakat Indinesia ingin memulihkan kepercayaan pemerintah kepada mereka dengan mengadakan kitab budaya sehingga wisatawan datang kembali
D.   Aktifitas gunung merapi dan terjadinya gempa bumi akhir-akhir ini telah mengganggu masyarakat Yogyakarta sehingga pemerintah perlu mengadakan kitab budaya untuk memohon keselamatan.
E.    Sampai saat ini masyarakat Jogyakarta yang terkena bencana alam masih trauma sehingga perlu kirap budaya untuk menerapi jiwa mereka

44.  Tema karya tulis: Pencegahan bahaya narkoba bagi generasi muda
Rumusan masalah yang tepat berdasarkan topik tersebut adalah....
A.   Bagaimana cara pencegahan narkoba bagi generasi muda?
B.    Bagaimana bahaya narkoba bagi generasi muda?
C.    Apakah narkoba berbaha bagi generasi muda?
D.   Apakah ada pengaruh narkoba bagi generasi muda?
E.    Apakah dampak narkoba bagi generasi muda?

45.  Cermati penggalan puisi berikut!
....
Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur
Rambutnya hita terbantun ombak
Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari

Kalimat bermajas  yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah....
A.   Anak kecil sedang tidur
B.    Bunga kampung telah tidur
C.    Seorang putri cantik tertidur
D.   Perepuan muda terlelap tidur
E.    Perempuan manis tertidur.

46.  Cermati kutipan drama berikut!
Anton: (berjalan sambil tertawa) ya akhirnya aku menyadari ternyata aku memang                bodoh
Reta : (tersenyum sinis) baik kalau kau menyadari kekuranganmu, mulai hari ini,               pergilah kau dari hadapanku dan kamu aturlah keuanganmu dengan baik
Anton: (dengan wajah sinis) kau kira aku takut, aku akan pergi dari kehidupanmu,               apalagi aku sudah sukses sekarang, aku bisa berdikari
Reta   : (....)
Anton: (suara merendah) tidak salah, bukannya kau yang telah memanfaatkan                kekayaanku. Sekarang kau suru aku pergi.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah ....
A.   Janganlah kamu menghambur-hamburkan kekayaanmu, ingat itu ya!
B.    Ya, silahkan, masih ada orang lain yang membantuku
C.    Lha, nanti aku akan seperti anak ayam kehilangan induknya
D.   Ya bolehlah, semoga kau bisa lebih sukses di tempat lain
E.    Saya doakan semoga kau bisa berhasil

47.  Judul novel: Sisi cinta Sissy
Pengarang : Wulan Lusi

Novel ini ditujukan sebagai bacaan remaja, dimulai dari awal sampai akhir cerita disajikan berurutan dan menyatu dengan masalah remaja. Pengarang mengajak untuk memikirkan akhir dari cerita novel ini. Bahasa yang digunakan adalah bahasa remaja. Hanya saja dalam novel ini pengarang tidak menyelesaikan akhir cerita. Trik penceritaan pengarang dengan membiarkan pembaca mengira-ngira apa yang terjadi pada tokoh dan bagaimana akhir cerita tersebut. Namun, inilah yang menggantung si pembaca terhadap kelanjutan cerita tersbut. Inilah seni apresiasi si pengarang untuk pembaca.

Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan novel tersebut adalah....
A.   Tema cerita sangat sesuai dan akrab dengan dunia seumur hidup
B.    Dari awal sampai akhir cerita sangat menarik bagi pembaca
C.    Akhir cerita mengajak pembaca untuk mengapresiasi kelanjutan cerita
D.   Pengarang tidak menyelesaikan akhir cerita
E.    Menggunakan bahasa remaja sehari-hari

48.  Cermati kutipan cerpen berikut!
Anak saya bercita-cita menjadi guru. Tentu saja, saya dan istri saya syok. Kami berdua tahu, macam apa masa depan seorang guru. Oleh karena itu, sebelum terlalu jauh, kami cepat-cepat mengajak dia ngomong” kami dengar selentingan kamu mau jadi guru, Taksu? Betul?” Taksu mengangguk. “betul” “kami kaget,” gila, masak kamu mau jadi guru? “ ya “ saya dan istri saya pandang-pandangan. Itulah malapetaka. Kami sama sekali tidak percaya apa yang kami dengar. Apalagi ketika kami tatap taja-tajam, mata Tiksu tampak tenang tak bersalah ia pasti sama sekali tidak percaya dengan barusan diucapkannya. Jelas ia tidak tahu permasalahannya.

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan sastra tersebut adalah....
A.   Kehidupan guru tidak menjamin kesuksesan hidup seseorang
B.    Profesi guru tidak dapat menjadi sebuah cita-cita
C.    Sebaiknya jangan ada yang bercita-cita menjadi guru
D.   Siapa saja boleh bercita-cita menjadi guru yang kaya
E.    Benarkah penilaian terhadap guru sebegitu buruknya di mata orang tua?

49.  Cermati paragraf esai berikut!
Pada periode awal kepenyairannya, Taufiq Iamail cenderung menekankan citraan visual dalam menggambarkan pengalaman estetik yang dibentuk dalam pengamatannya yang tajam terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah. Ia mendata gunakan kekuatan bahasa figuratif (majas) , puisi yang efektif untuk membangun imajinasi pembaca. Sejak tahun 1970-1n hingga perode mutakhir kepenyairannya, sajak-sajak Taufiq cenderung “prosaik naratif” ia menggunakan bahasa diskursif yang diselingi permainan kata yang indah dan memikat....

Kalimat simpuln esai sastra yang tepat adalah,....
A.   Jelaslah bahwa pada awal kepenyairanyya Taufiq terlibat langsung dengan periatiwa sejarah, pada periode berikutnya ia terlibat melalui perasaan dan pikirannya
B.    Jadi, Taufiq menggunakan metode penciptaan puisi yang sama pada dua periode kepenyairannya
C.    Jadi, secara garis besar perkembangannya kepenyairannya Taufiq Ismail di bagi dalam tiga periode
D.   Jelaslah bahwa tTaufiq sangat memperhatikan pemakaian bahasa dalam karyanya
E.    Dengan demikian, jelaslah bahwa bahasa yang digunakan Taufiq Ismail sangat membantu pembaca memahami puisinya sehingga karyanya tergolong komunikatif.

Bacalah kutipan hikayat berikut dengan cermat!
“Sekarang cobalah Guru ceritakan pula,” titah raja Dabsyalim kepada Baidaba. “Yang manakah diantara sifat-sifat ini, berani, pemurah, pengasih, penyantun yang harus dipilih raja untuk jadi sendi kekerasan dan kekuasaannya. Belumkah tuanku mendengar cerita raja Balad dengan permaisuri Irah. “ Guru, ceritakanlah supaya kita dengar sekali adalah peristiwa seorang raja brnama Balad dengan wazirnya bernama Ilad.” Wazir itu seorang yang taat beribadah dan saleh. Pada suatu malam raja bermimpi yang sangat menakutkan delapan macam banyaknya tujuh hari siang baginda suruh panggil pendeta Brahmana hendak meminta keterangan tabirnya.
50.  Amanat yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah…
A.    Seorang raja harus memiliki sifat pengasih dan penyayang dalam menjalankan tugas kepemimpinannya
B.     Seorang raja harus mempunyai sikap berani dalam menjalankan roda pemerintahannya
C.     Seorang raja hendaklah melindungi rakyat dari segala gangguan dan memperhatikan kesejahteraanya
D.    Seorang sebaiknya mendengarkan semua yang dikatakan rakyatnya dengan baik
E.     Seorang raja tidak seharusnya berbicara dengan rakyat biasa untuk menceritakan pribadinya






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar