UJIAN
SEKOLAH SMA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA
Program Studi :
IPA/IPS
Hari/Tanggal :
Pukul : 08.00–10.00
PETUNJUK UMUM
1. Isikan identitas Anda ke
dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang tersedia dengan menggunakan
pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan
nama mata ujian pada LJUN.
3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya, pastikan
setiap lembar soal memiliki nomor paket yang sama dengan nomor paket yang
tertera pada cover.
4. Laporkan kepada pengawas
ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak
lengkap.
5. Tersedia waktu 120 menit
untuk mengerjakan paket tes tersebut.
6. Jumlah soal sebanyak 50
butir, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
7. Mintalah kertas buram kepada
pengawas ujian, bila diperlukan.
8. Tidak
diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya.
9. Periksalah
pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
Cermatilah paragraf berikut!
1)
Peran seni teater
termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama
ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralism. 2) Melalui latihan
teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain dan memahami orang
lain dari tokoh-tokoh yang yang ditampilkan. 3) Hal ini juga disampaikan oleh
Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama
Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. 4) Pemahaman terhadap orang lain ini
terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya
fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang social seseorang. 5) Karakter
seseorang juga dapat terbentuk dari latar budaya seseorang.
1.
Ide pokok paragraph
tersebut adalah . . .
A. Manfaat
peran seni teater.
B.
Pengajaran dalam
teater.
C.
Pengenalan karakter
orang.
D.
Runtuhnya karakter
bangsa.
E.
Terbentuknya karakter
seseorang.
Paragraf
berikut untuk soal nomor 2 dan 3!
(1)
Salah satu faktor penghambat perkembangan jumlah pemakai internet di komunitas
sekolah dan kampus adalah infrastruktur (perangkat dan jaringan) dan tariff
yang dirasakan masih cukup tinggi. (2) Dana untuk pengadaan infrastruktur dan
berlangganan terkadang tidak dapat ditanggulangi sekolah termasuk orang tua
murid sehingga perlu ada insentif khusus dari Telkom. (3) Program insentif
khusus akses komunitas sekolah diberi nama TelkomNet sekolah. (4) Internet
sebagai media penyebaran informasi global dirasakan manfaatnya sejak
pertengahan dasawarsa 90-an. (5) Ragam yang sejalan dengan program sosialisasi
penggunaan internet ini memberikan diskon sebesar 40 persen dari pemakaian
normal akses TelkomNet Instant.
2.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
3.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut terdapat pada nomor
....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D. (4)
E.
(5)
Cermatilah paragraf berikut ini!
Anak-anak
Bandung boleh bangga. Di kotanya berdiri objek wisata baru yang diresmikan dua
tahun lalu. Namanya “Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda”. Taman yang bukan
sembarang taman ini berdiri indah di perbukitan Bandung Utara. Tepatnya
diperbukitan Dago Utara. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, membuat
taman ini banyak dikunjungi orang. Apalagi kalau hari libur. Yo! Kita ke sana
yooo!
4. Fakta yang terdapat dalam paragraf di atas
adalah . . . .
A.
Taman Hutan Raya Ir. Djuanda terletak di Bandung Utara.
B. Kebanggaan anak Bandung dengan
adanya objek wisata.
C.
Taman ini banyak dikunjungi wisatawan.
D.
Salah satu fungsi taman ini adalah untuk berkemah.
E.
Tumbuhnya rasa bangga bagi pengunjung yang datang ke sana.
Cermatilah paragraf berikut ini!
(1)
Setiap makhluk hidup memerlukan energi. (2) Energi ada bermacam-macam (3)
minyak bumi yang digunakan terus menerus akan terancam habis (4) hendaknya
dilakukan penghematan energi (5)energi listrik digunakan untuk penerangan dan
pemakaian alat-alat elektronik
5. Opini
yang terdapat dalam paragaf di atas yaitu ….
A. nomor 1
B. nomor 2
C. nomor 3
D. nomor 4
E. nomor 5
Teks
berikut untuk soal nomor 6 dan 7
Komodo berangsur menjadi terkenal
sejak ditemukan peneliti asing pada tahun
1910. Seiring dengan popularitasnya yang mendunia, semakin banyak orang
yang menyambangi keempat pulau itu, terutama Pulau Komodo dan Pulau Rinca, dua
pulau dengan populasi komodo
terbanyak. Tidak hanya wisatawan , banyak juga yang datang untuk meneliti
keunikan binatang purba yang masih bertahan sampai sekarang itu.
6.
Kalimat Tanya yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah . . .
A. Mengapa komodo menjadi terkenal di dunia internasional?
B. Bagaimana cara melestarikan dan mengembangkan populasi komodo?
C.
Kapan komodo berangsur menjadi terkenal?
D. Di mana para peneliti komodo memusatkan penelitiannya?
E. Siapa yang berinisiatif untuk meneliti populasi komodo?
7.
Arti kata populasi pada teks tersebut
adalah . . .
A. terkenal
B. lingkungan
C. kelas
D.
sekelompok
E. jenis
Cermati paragraf
berikut!
Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia
tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan atau hanya dinikmati keindahannya.
Keanekaragaman hayati tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati
berbagai penyakit. Tanaman seperti kunyit, jahe dan jeruk limau dapat kita
temui sehari-hari. Ketiga tanaman tersebut biasanya kita tanam di pekarangan
rumah. Ketiga tanaman tersebut dapat digunakan untuk mengobati penyakit ringan,
seperti batuk, masuk angin, dan panas dalam. Tanaman obat tersebut dapat dijadikan alternatif berobat yang lebih aman dan alami.
8. Tujuan artikel tersebut untuk pembaca
adalah . . .
A.
Member pengetahuan baru bahwa
tanaman di Indonesia ternyata dapat digunakan sebagai obat penyakit.
B.
Memberitahukan bahwa
kunyit, jahe, dan jeruk limau termasuk tanaman obat yang dapat menyembuhkan
penyakit ringan.
C.
Memperoleh cara mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang dengan
memberikan obat-obatan tradisional.
D.
Membedakan khasiat obat yang dibeli dengan khasiat obat yang diperoleh
dari tanaman, seperti kunyit, jahe, dan jeruk limau.
E.
Membendingkan dampak-dampak positif obat dari tanaman bagi pengguna
obat tradisional tersebut.
Cermatilah paragraph berikut!
Taufik
Ismail dilahirkan di Bukit Tinggi pada tanggal 25 Juni 1935. Taufik dibesarkan
di Pekalongan. Taufik tumbuh dalam keluarga guru dan wartawan yang suka membaca.
Ia bercita-cita menjadi sastrawan sejak SMA. Dengan pilihannya sendiri, ia
menjadi dokterhewan dan ahli peternakan . Ia ingin memiliki bisnis peternakan
guna menafkahi cita-cita kesastraannya. Ia tamat FKHP-UI Bogor pada tahun 1963.
Akan tetapi, ia gagal memiliki usaha ternak yang dahulu ia rencanakan di sebuah
pulau di selat Malaka.
Semasa
kuliah Taufik Ismail aktif sebagai ketua senat Mahasiswa FKHP-UI (1960-1961) dan
Waka Dewan Mahasiswa UI (1961-1962). Di Bogor ia pernah menjadi guru di SKP
Pamekar dan SMA Regina Pacis. Ia juga mengajar di Institut Pertanian Bogor.
Karena menanda tangani Manifesto Kebudayaan dan gagal melanjutkan studi manajemen
peternakan di Florida (1964), ia diberhentikan sebgai dosen di Institut
Pertanian Bogor (IPB)
Taufik
Ismail aktif menulis di berbagai media, menjadi wartawan, dan salah seorang
pendiri Horison (1966). Selain itu, ia ikut mendirikan Dewan Kesenian Jakarta
(DKJ) dan menjadi pimpinannya, Pj. Direktur TIM. Rektor LPKJ, dan Manager
Hubungan Luar Unilever. Taufik Ismail merupakan penerima beasiswa AFS
International Scholarship sejak 1958 dan aktif di AFS Indonesia. Di AFS Taufik
Ismail menjabat sebagai ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Antarbudaya. AFS
merupakan penyelenggara pertukaran pelajar antarbangsa yang selama 41 tahun
(sejak 1957) telah mengirim 1.700 siswa ke 15 negara.
9. Hal yang dapat diteladani dari tokoh Taufik
Ismail berdasarkan kutipan tersebut adalah . . .
A.
Taufik Ismail tumbuh dalam keluarga guru dan wartawan yang suka
membaca.
B.
Taufik Ismail bercita-cita menjadi sastrawan, tetapi kuliah
dipeternakan atau dokter hewan.
C.
Taufik Ismail aktif dalam
kegiatan kemahasiswaan, kebudayaan, penulisan, dan pendidikan.
D.
Taufik Ismail menjadi anggota Dewan Pembina Yayasan Bina Antarbudaya
selama 41 tahun.
E.
Taufik Ismail terpilih sebagai anggota Board of Trustees AFFIS di New
York dari tahun 1974-1976.
Cermati tajuk berikut untuk menjawab soal no. 10 dan 11!
DPR dan Pemerintah akan mendapat
pujian dari rakyat seandainya revisi RUU KPK bertujuan memperkuat kewenangan
KPK. Apalagi revisi RUU KPK tersebut diharapkan melahirkan UU yang dapat
memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh, seperti kemiskinan dan hukuman mati
bagi koruptor, bukannya member peluang kepada mereka untuk bebas menikmati
hasil jarahan.
Jangan
biarkan rakyat terus-menerus menjadi pelengkap penderita, hanya dibuai janji
pejabat. Sekarang program-program Pemerintah harus menyejahterakan rakyat.
Jangan sampai program-program tersebut diselengkan para koruptor, baik yang ada
di eksekutif, legislative, maupun yudikatif. Jangan biarkan hukum hanya tajam
kepada rakyat, tetapi tumpul kepada penguasa dan pengusaha.
Sepantasnya
rencana DPR merevisi RUU KPK dibatalkan jika bukan untuk menguatkan KPK.
Penghentian rencana itu harus tuntas agar tidak melanggar aturan main. Hal
tersebut dikarenakan revisi RUU KPK sudah merupakan Progran Legislatif Nasional
(Prolegnas). Jadi, penghentiannya harus dilakukan melalui rapat paripurna DPR.
Dalam rapat tersebut seluruh fraksi mengemukakan pendapat mereka. Pemerintah
selayaknya segera membuat kesepakatan dengan DPR guna mencabut RUU KPK itu.
Jangan biarkan urusan revisi RUU KPK berlarut tanpa ujung.
10. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah . . .
A.
DPR dan Pemerintah akan merevisi RUU KPK
yang dapat memperkuat kedudukan KPK.
B.
RUU KPK memperlihatkan keseriusan
Pemerintah memberantas korupsi secara sungguh-sungguh.
C.
Revisi RUU KPK merupakan program tahuna
dari pemerintah dalam Program Legislasi Nasional.
D.
Revisi
RUU KPK harus menguatkan KPK dan rakyat kecil yang selalu menjadi korban dari
pejabat
E.
Rakyat miskin selalu terkena sangsi dari
perilaku yang melanggar hokum, sedangkan pejabat tideak
11. Opini penulis tajuk rencana ditujukan kepada . .
.
A.
Pemerintah Indonesia
B.
Dewan Perwakilan Rakyat
C.
Rakyat yeng melanggar okum
D.
Komisi Pemberantasan Korupsi
E.
DPR dan Pemerintah

12. Pernyataan
yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ....
A. Jumlah balita
penderita gizi buruk di Provinsi DIY sejak tahun 2003 hingga tahun 2006
meningkat.
B. Jumlah balita
penderita gizi buruk di Provinsi DIY sejak tahun 2004 hingga tahun 2006
menurun.
C. Jumlah balita penderita gizi buruk
di Kota Yogyakarta dari tahun 2003 hingga tahun 2006 meningkat.
D. Jumlah balita
penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta dari tahun 2003 hingga tahun 2006
menurun.
E. Jumlah balita
penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta sejak tahun 2003 hingga tahun 2004
menurun.
13. Simpulan
grafik tersebut adalah ....
A. Balita
kekurangan gizi di Daerah Istimewa Yogyakarta berkurang.
B. Balita gizi buruk di Daerah Istimewa
Yogyakarta meningkat.
C. Balita gizi
buruk di kota Yogyakarta meningkat dari tahun 2004-2006.
D. Jumlah balita
gizi buruk di Yogyakarta lebih besar dibandingkan yang di DIY 2003-2006.
E. Balita gizi
buruk di kota dan DIY seimbang.
Bacalah
penggalan hikayat berikut!
Syahdan, maka
adalah raja di dalam negeri itu telah kembali ke rahmatullah. Maka ia pun tiada
beranak seorang jua pun. Maka segala menteri dan hulubalangnya dan orang-orang
besar dan
orang-orang
membicarakan, siapa juga yang patut dijadikan raja menggantikan raja yang telah
kembali ke rahmatullah itu. Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang
menteri
yang tua
daripada tuan hamba sekalian itu. Maka ia pun berkata, katanya: “Adapun hamba
ini tua daripada tuan hamba sekalian itu. Jikalau ada gerangan bicara, mengapa
segala saudaraku ini
tiada hendak
berkata?”
14. Amanat
cerita dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Setiap
manusia pasti akan meninggal dunia, sekalipun seorang raja.
B. Sebaiknya
seorang raja memiliki keturunan agar ada yang meneruskan kekuasaannya.
C. Segala sesuatu harus diputuskan
secara musyawarah mufakat.
D. Dalam sebuah
musyawarah hendaknya meminta pendapat semua anggota yang hadir.
E. Orang yang
muda diberi kesempatan menyampaikan gagasannya.
Bacalah
kutipan berikut dengan saksama!
(1)
Sepeninggal kedua orang tuanya anak itu sering terlihat duduk termenung di
pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. (2) Benar saja seperti yang
dikatakan oleh orang tuanya. (3) Pada suatu hari yang panas, hujan turun
rintik-rintik dan ada pelangi. (4) Terlihat air di sungai berubah menjadi putih
seperti air susu. (5) Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam
perkelahian maut dengan naga putih. (6) Namun, anak itu tak dapat hidup sendiri
tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena itu ia tetap duduk termenung sampai akhir
hayatnya.
(Legenda Lok si Naga: Cerita
Rakyat dari Kalimantan, oleh James
Danandjaja)
15.
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah ....
A.
Seorang anak yang merasa bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya.
B.
Seorang anak yang sering duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke
arah air sungai.
C.
Seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
D. Seorang anak yang selalu patuh dan
menurut nasihat orang tua.
E.
Seorang anak yang senang melihat air sungai berwarna putih seperti susu.
Kutipan
novel berikut untuk soal nomor 16 dan 17.
Kepala sekolahnya adalah seorang
pejabat penting, Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan
dirinya sedang bertempur mati-matian melawan usia dan tampak jelas pula, dalam
pertempuran itu, beliau telah kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar,
progresif, ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampong.
Gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegas kelas sosialnya. Di
dekatnya siapa pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan
beliau, ia seperti orang Melayu yang baru belajar memasak, bumbunya cukup tiga
macam: pembicaraan tentang fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran
ekstrakurikuler jutaan rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi
dokter, insinyur , ahli ekonomi, pengusaha, dan orang-orang sukses di kota atau
bahkan di luar negeri.
16.
Tokoh Ibu Frisca yang angkuh dan sombong dideskripsikan melalui . . .
A. dialog antar tokoh
B. lingkungan tokoh
C. pikiran tokoh
D. tindakan tokoh
E. uraian langsung
17.
Amanat yang sesuai dengan isi kutipan novel tersebut adalah . . .
A. Jadilah wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong.
B. Jangan angkuh dan sombong kalau menjadi wanita terpelajar.
C. Bersikaplah keras dalam memimpin, tetapi tetap santu kepada orang
lain.
D.
Bersikaplah rendah hati, santu, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat
tinggi.
E. Jangalah mengingkari kodrat atau yang diberika kepada kita.
Kutipan
drama berikut untuk soal nomor 18 dan 19!
Bapak : Nak, pertimbangkan bukanlah
karena masa depan adikmu seorang. Juga bukan
karena masa depan sisa hidupku.
Sulung : Hem, lalu? Karena rumah dan tanah
pusaka ini barangkali ya, Pak?
Bapak : Sesungguhnyalah, Nak, lebih
karena itu.
Sulung : Oo, ya! Apa itu, Bapak?
Bapak : Kemerdekaan.
Sulung : Kemerdekaan? Kemerdekaan siapa?
Bapak : Bangsa dan bumi pusaka.
18.
Masalah utama yang diungkapkan dalam kutipan drama tersebut adalah . . .
A. harta pusaka
B. kemerdekaan bangsa
C. masa depan
D. sisa hidup
E.
pertimbangan hidup
19.
Amanat yang terdapat dalam kutipan drama tersebut adalah . . .
A. Nasihat orang tua lebih berharga daripada apa pun.
B.
Selain memikirkan keluarga, kita juga memikirkan bangsa dan Negara.
C. Kita harus merebut kemerdekaan Negara dan bangsa ini.
D. Dalam hidup ini kita harus memiliki pertimbangan hidup yang
berarti.
E. Keluarga lebih penting daripada kemerdekaan bangsa.
Cermatilah
puisi berikut!
Salju
Ke manakah pergi
Mencari matahari
Ketika salju turun
Pepohonan kehilangan daun
Ke manakah jalan
Mencari lindungan
Ketika tubuh kuyup
Dan pintu tertutup
Ke manakah lagi
Mencari api
Ketika bara hati
Padam tak berarti
20. Amanat
yang terkandung dalam puisi adalah . . .
A. Orang tetap berusaha mencari tujuan hidupnya meskipun banyak
halangan.
B. Mencari tujuan hidup lebih penting daripada kebahagiaan dan
kepuasan batin
C. Kebahagiaan yang abadi akan kita dapat jika kita dapat menyucikan
diri.
D. Tujuan hidup akan tercapai jika kita mau menyucikan diri kita dari
dosa.
E.
Dekatkan diri kepada Tuhan saat belum menemukan tujuan hidup.
Cermati gurindam berikut!
Jika orang muda kuat berguru
Dengan syaitan jadi berseteru
21. Maksud
baris-baris gurindam tersebut adalah . . .
A. Anak muda yang berpendidikan tidak akan mudah tergoda berbuat
jahat.
B. Anak muda harus rajin dan
jangan mudah tergoda.
C. Jangan suka menggoda anak muda yang sedang berguru.
D. Perbuatan jahat di manapun harus dihindari.
E. Anak muda hendaknya memanfaatkan waktu muda dengan berguru.
22.
Perhatikan pantun berikut!
Apa guna berkain batik,
kalau tidak berbaju kasa
Apa guna berwajah cantik,
kalau tidak berbudi bahasa.
Pantun tersebut berisi . . .
A. Budi bahasa harus dijunjung dalam setiap pergaulan
B. Wajah cantik sangan memengaruhi budi bahasa seseorang.
C. Perilaku seseorang tidak ditentukan dari wajhnya.
D. Seseorang berwajah cantik sudah tentu budi bahasanya juga baik.
E.
Wajah cantik tidak berguna jika budi bahasanya tidak baik.
23.
Cermatilah pantun berikut!
Pergi berlibur ke pantai,
pulangnya naik odong-odong.
Jadilah anak yang pandai.
. . . .
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . .
A. janganlah selalu tolong-menolong.
B.
perangai baik dan tidak sombong.
C. punya teman suka menolong.
D. jangan bicara omong mkosong.
E. punya otak janganlah bolong
24. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Hal menarik dan penting tersebut di
antaranya mengungkapkan berbagai ide b isnis tanpa modal dilengkapi dengan
teknik aplikasinya.
2) Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk
kecintaan terhadap sesame sekaligus membantu program Pemerintah untuk
mengurangi jumlah pengangguran.
3) Komunitas Pengusaha Muda Lampu Hijau
bersama Yayasan Lentera Hati Yogyakarta akan mengadakan tour workshop
entrepreneur gratis.
4) Selain itu, setiap peserta memiliki
kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan langsung dari beberapa unit usaha bisnis
Lampu Hijau dan Lentera Hati Yogyakarta.
5)
Dalam acara tersebut, setiap peserta akan mendapatkan hal-hal yang menarik dan
penting.
Susunan kalimat tersebut
agar menjadi paragraph yang padu adalah . . .
A.
3)- 1)- 5)- 4)- 2)
B.
3)- 2)- 1)- 4)- 5)
C. 3)- 2)- 5)- 1)- 4)
D.
3)- 4)- 2)- 1)- 5)
E.
3)- 5)- 1)- 4)- 2)
25. Objek wisata Tanah Lot terletak di Desa
Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. . .
. tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan
(melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat
matahari terbenan (sunset). Turis-tiris biasanya berkunjung pada sore hari
untuk melihat keindahan sunset di Tanah Lot.
Kalimat deskripsi yang
sesuai untuk melengkapi paragraph di atas adalah . . .
A.
Selain di Tanah Lot, pura pemujaan juga terdapat di wilayah lain.
B. Di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di
atas tebing dan menjorok ke laut.
C.
Pantai ini merupakan objek wisata yang memiliki keindahan sunset
memesona.
D.
Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini adalah pada pukul 17.00 WITA.
E.
Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata terkenal di Bali, selain
Bedugul
26. Mobil yang terawat akan jauh dari kerusakan. Begitu pula dengan
tubuh manusia. Tubuh manusia yang dirawat dan dijaga dengan baik akan tetap
sehat dan bugar. Jika mobil dirawat dengan pemeriksaan rutin dan ganti oli,
tubuh manusia dapat dirawat dengan olahraga dan menerapkan pola makan yang
baik.
Kesimpulan
yang tepat untuk untuk melengkapi analogi di atas adalah . . .
A. Agar tetap sehat dan bugar, tubuh manusia harus dirawat dengan baik,
seperti mobil yang perlu perawatan agar tetap baik.
B.
Tubuh manusia membutuhkan nutrisi lebih agar tetap sehat dan bugar.
C.
Untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari manusia memerlukan nutrisi
tambahan.
D.
Tubuh manusia bisa mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.
E.
Manusia yang mudah lelah membuktikan bahwa tubuhnya kurang perawatan.
27. Perhatikan paragraph berikut!
Selain air, kandungan zat gizi yang
terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada
buah ini adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar
81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Keistimewaan lain buah ini yaitu
mengandung lemak sangat sedikit, hanya 0,3 g/100g. buah sirsak juga mengandung
banyak serat pangan (dietary fiber) mencapai 3,3 g/100 g daging buah.
Jadi . . . nutrisi tubuh manusia.
Kalimat
simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraph generalisasi adalah . . .
A.
Buah sirsak sangan baik digunakan untuk obat kanker.
B. Buah sirsak sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia.
C.
Tidak hanya buahnya, daun sirsak sangat bermanfaat untuk membunuh sel
kanker.
D.
Menanam pohon sirsak dapat mendatangkan keuntungan berlipat.
E.
Buah sirsak sangat dicari masyarakat.
28. Cermati silogisme
berikut!
Premis
umum : semua siswa yang ingin ikut
kegiatan bakti sosial harus mendaftar terlebih dahulu
Premis
khusus : ....
Simpulan : jadi, Rino harus mendaftar terlebih
dahulu
Kalimat
premis khusus yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah....
A. Rino ingin ikut kegiatan bakti sosial
B.
Rino adalah penggerak
aksi sosial
C.
Rino memiliki sifat
peduli sosial
D.
Rino sangat aktif pada
kegiatan sosial
E. Rino
salah satu siswa yang ingin medaftar
29.
Cermati
topik pidato dan kalimat persuasif berikut!
Topik
pidato:
Bahaya
merokok bagi kesehatan
1.
Merokok berarti
membahayakan diri perokok sendiri
2.
Banyak merokok bararti
menambah devisa negara
3.
Banyak merokok berarti
menambah devisa lapangan kerja
4.
Hentikan merokok karena
membahayakan kesehatan
5.
Kurangi merokok demi
kesehatan jantung.
Kalimat persuasif yang sesuai dengan
pidato tersebut adalah kalimat ....
A.
1 dan 2 C. 2 dan 3 E. 4 dan 5
B. 1
dan 3 D. 3
dan 4
30.
Perhatikan
paragraph berikut
Indian Institut Of
Technology (IIT) Rajasthan siap membantu Indonesia … kopmuter tablet murah
seharga 35 Dolar AS. IIT Rajasthan bersedia menyediakan bantuan … hingga
pengembangan produksi. Siaran pers KBRI New Delhi yang diterima ANTARA di
Jakarta, bahwa ketua tim pengembang tablet “Aakhaas”, Prof. S. Yadav
menyampaikan kesediaan itu kepada Dubes RI untuk India Letjen TNI (purn) Andi
M. Ghalib. Andi yang didampingi atase pendidikan KBRI New Delhi, Dr. Son
Kuswadi menyambut baik tawaran tersebut dan akan mengajak beberapa universitas
di Indonesia untuk melaksanakan … tersebut
Kata baku yang tepat
untuk melengkapi paragraph tersebut di atas adalah ….
A. memroduksi, tekhnis,
projek
B. memroduksi, tehnis,
proyek
C. memproduksi, tehnis,
projek
D.
memproduksi, teknis, proyek
E. memproduksi, teknis,
projek
31.
Cermati
paragraf rumpang berikut!
Direktur
... lembaga pers Dr. Sutomo (LPDS), Bop Priyambodo, kerap merasakan
“lonely” dalam perjuangan memebela
kebebasan pers. Ia merasakan hal tersebut karena yang .... berjuan untuk itu
ternyata mereka-mereka itu juga yang “nongkrong” di LPDS, alias turun dari
sekretariat Dewan Pers di lantai 7 ke lantai 3 Gedung Dewan Pers. Pakar
komunikasi FISIp UI, prof. Dr. Bachtiar Aly, merasa bahagia pada peringatan HUT
LPDS kali ini karena peringatan HUT LPDS digelar di hotel dan bukan di gedung
tua di jalan Kebun sirih no. 32 itu.
Kata
serapan yang baku untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.
Ecekutive, aktif
B.
Exekutif, aktip
C. Eksekutif, aktif
D.
Eksekutif, actif
E.
Exekutif, aktif
32.
Cermatilah
paragraf berikut!
Akibat
pembabatan hutan terus berlangsung, usaha .... orang utan Kalimantan
(pongopygmaeus) .... ancaman serius. Sejumlah penyelamat satwa liar dan
pemerintah kini sulit mendapatkan hutan untuk orang utan usai dirawat di pusat
rehabilitasi. Beberapa waktu yang lalu sebanyak seribu orang utan lebih .... ke
hutan.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang adalah....
A.
Menyelamatkan,
berhadapan, kembalinya
B. Penyelamatan, menghadapi, dikembalikan
C.
Diselamatkan,
dihadapkan, mengembalikan
D.
Keselamatan,
menghadapkan, pengembalian
E.
Menyelamatkan, menghadapi,
kembalikan.
33.
Cermati
penggunaan kata ulang dalam kutipan berikut!
Masalah
yang dihadapi Dora....susah untuk diselesaikan....berusaha membantu
menyelesaikan. Namun.... malah menjauh ketika mengetahui Dora terlibat
obat-obatan terlarang. Masalah utama pada awalnya adalah kurangnya kasih
sayang. Kemudian, Dora terlibat bisnis online yang merugikan banyak orang.
Setelah itu, Dora tertangkap karena mabuk membawa mobil selesai pesta ulang
tahun temannya. Pada waktu itu, diketahui pula bahwa Dora adalah pemakai
obat-obattan terlarang.
Penggunaan
kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.
Saling kait-mengait ,
para guru-guru semua temannya
B.
Saling kait-mengait,
para guru-guru, teman-temannya
C.
Saling mengait satu
sama lain, guru- guru, teman-temannya
D.
Kait-mengait, para
guru-guru, semua teman-temannya.
E. Kait-mengait, guru-guru, teman-temannya
34.
Cermati
paragraf narasi berikut
Aku
dan keluarga pergi ke Pontianak saat liburan sekolah beberapa tahun lalu.
Banyak tempat menarik yang dapat kami kunjungi selama di Pontianak. Salah satu
tempat yang kami kunjungi adalah Sintawang. Kam mengunjungi Sintawang dengan
mobil. Waktu yang kami perlukan lebih dari 9 jam. Sintawang merupakan daerah
penghasil tenun ikat. Motif tenun ikatnya sangat unik. Corak dari kain tenun
tersebut merupakan khas Kalimantan Barat. Ibu hanya membeli beberapa kain saja
sebagai .... harga tenun ikat tergolong mahal, tergantung motif dan bahannya.
Harganya bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah.
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.
Banting tulang
B.
Gulung tikar
C.
Angkat kaki
D.
Naik pitam
E. Buah tangan
35.
Cermati
kutipan cerpen berikut!
“Sudah
lama benar ibu ingin berandai-andai dengan kamu anakku, tapi kamu dalam
kesempitan saja. Saat ini air mukamu jernih, keningmu licin, boleh ibu
menuturkan se niat ibu itu, supaya jangan .... nantinya “.” Apa yang terasa di
hati ibu, yang terkalang di mata ibu? Ceritakanlah!”.” Ingatlah anakku hanya
engkau seorang saja. Ayahmu sudah sampai ajalnya. Tidak lain hidupku hanya
untuk engkau sendiri saja. Jangan tinggalkan ibu. Undurkan niatmu untuk pergi
merantau.”
Peribahasa
yang sesuai untuk melengkapi penggalan cerpen tersebut adalah....
A. menjadi duri dalam daging
B.
seperti telur di ujung
tanduk
C.
seperti pungguk merindukan
bulan
D.
seperti rusa masuk
kampung
E.
seperti api dalam sekam
36. Cermati paragraf berikut
Udara
pagi di persawahan terlalu cerah dan terlalu panas. Daun-daun padi ditup
angin terlihat bergoyang pelan. Cuaca di langit biru kelabu tidak tertutup awan. Kuhirup udara dan terscium wangi
dedaunan padi. Hatiku semakin terasa damai.
Frasa
yang sesuai untuk mengganti frasa yang dicetak miring dalam paragraf adalah
tersebut adalah....
A.
Hampir cerah, segar sekali, biru bersih
B. Sangat cerah, cerah sekali, biru bersih
C.
Sangat cerah, agak dingin, sangat kelabu
D.
Hampir cerah, agak panas, biru kelabu
E.
Begitu cerah, cukup segar, sangat putih
37. Cermati paragraf berikut!
Berbagai
cara akan ditempuh oleh siswa yang baru lulus SMA untuk dapat berebut kursi di
perguruan tinggi favoritnya. Ada siswa yang belajar keras sampai begadang atau ada yang mengikuti
berbagai bimbingan tes. Di samping itu, ada yang melalui jalur khusus, yaitu
pemberian kesempatan kepada siswa yang mampu secara finansial untuk duduk di
Universitas pilihannya. Ada juga yang masuk Universitas tanpa tes maka dia memiliki prestasi gemilang dan
memiliki nilai akademis yang ditargetkan suatu perguaruan dengan jalur PMDK
(penelusuran minat dan kemampuan)dan ada
juga melalui jalur pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi.
Kata
penghubung yang tepat untuk mengganti kata yang dicetak miring dalam paragraf
tersbeut adalah.....
A. Dan, karena, atau
B.
Dan, tetapi, atau
C.
Hingga, karena, tetapi
D.
Hingga, jika, atau
E.
Dan, jika, tetapi
38. Cermati paragraph berikut!
1)
Ancaman di negeri kita sekarang adalah
hadirnya orang-orang oportunis dan
orang-orang picik. 2) Sikap gotongroyong dan rasa solidaritas masyarakat semakin hilang pamornya. 3) Kehidupan modern
tampaknya lebih mengedepankan individualisme
daripada gotong royong. 4) Orang-orang kapitalis juga jangan sampai mendobrak
kehidupan kita. 5) Mungkin kita harus melakukan reformis secara besar-besaran untuk membangun kembali kehidupan
kita yang terkenal dengan kegotongroyongan ini.
Penggunaan istilah yang tidak tepat terdapat dalam
paragraph tersebut terdapat pada nomor …
A.
1),
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E. 5)
39. Cermati surat undangan berikut!
Sehubungan
dengan persiapan pelepasan kelas XII SMA Sentosa, kami panitia mengundang
Bapak/Ibu pengurus komite SMA Sentosa untuk menghadiri rapat yang diadakan pada
....
Penulisan
pemerian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah....
A. hari, tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012;
waktu : 10.00 – 12.00 WIB;
tempat : aula SMA Sentosa;
acara : penetapan acara dan dana.
B.
Hari, tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
Waktu : 10.00 – 12.00 WIB,
Tempat : aula SMA Sentosa,
Acara : penetapan acara dan dana.
C.
hari, tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
waktu : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat : aula SMA Sentosa,
acara : penetapan acara dan
dana.
D.
HARI, TANGGAL : SABTU, 12 MEI 2012,
waktu : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat : aula SMA SENTOSA,
acara : penetapan acara dan
dana.
E.
hari, tanggal : sabtu, 12 Mei 2012,
waktu : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat : aula SMA SENTOSA,
acara : penetapan acara dan
dana.
40. Perhatikan iklan lowongan berikut!
Lowongan
Dibutuhkan
wanita lulusan S1, bisa komputer u/bagian Adm. Pembukuan & tinggal di Mess
di jalan Hayam Wuruk 4 ruko Glodok Jaya.
Telepon
8373665
Sumber: Jaya
Kompas, 28 Maret 2011
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah....
A.
Berdasarkan iklan lowongan di harian
kompas kami mengajukan lamaran pekerjaan supaya saya dapat mengisi lowongan
pekerjaan di perusahaan anda.
B.
Setelah
membaca iklan di harian kompas 28 Maret 2011, dengan ini saya
mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga administrasi pembukuan yang
dimaksud
C.
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Vine, 23 tahun, sarjana Akuntansi, mengajukan lamaran menjadi tenaga komputer
dari administrasi yang bapak/ibu cari melalui iklan.
D.
Sehubungan dengan iklan lowongan pada
harian kompas, 28 Maret 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga
pembukuan pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.
E.
Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan
pada harian kompas, 28 Maret 2011 tentang bagian asministrasi pembukuan, dengan
ini saya mengajukan pekerjaan di perusahaan ini.
41. Cermati kalimat penutup surat berikut!
Atas
perhatiannya, tak lupa diucapkan terimakasih banyak.
Perbaikan
yang tepat untuk penutup surat tersbeut adalah....
A.
Atas perhatiannya, saya berterima kasih
banyak
B.
Atas perhatian ibu/bapak saya ucapkan
terima kasih
C. Atas perhatian Ibu /Bapak, saya mengucapkan
terima kasih
D.
Atas perhatiannya, saya mengucapkan
terima kasih
E.
Atas perhatia ibu/bapak, kami haturkan
terima kasih.
42. Penulisan
judul yang sesuai dengan EYD adalah....
A.
Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri
B.
Menggali potensi diri untuk meningkatkan
kepercayaan diri
C.
Menggali potensi Diri untuk meningkatkan
kepercayaan diri
D. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri
E.
Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan
Kepercayaan diri
43. Tema
karya tulis: Kirab budaya sebagai terapi mental untuk pemulihan
kepercayaan masyarakat
Yogyakarta
Latar
belakang yang tepat untuk tema tersebut adalah....
A.
Kitab budaya adalah pawali untuk memberi
persembahan ke gunung Merapi dan laut Selatan agar terhindar dari bencana besar
dan mengerikan.
B.
Kitab budaya merupakan acara yang
dipercaya masyarakat Yogyakarta dapat membebaskan mereka dari bencana gunung
merapi, gempa bumi, dan tsunami Indonesia
C.
Masyarakat Indinesia ingin memulihkan
kepercayaan pemerintah kepada mereka dengan mengadakan kitab budaya sehingga
wisatawan datang kembali
D.
Aktifitas gunung merapi dan terjadinya
gempa bumi akhir-akhir ini telah mengganggu masyarakat Yogyakarta sehingga
pemerintah perlu mengadakan kitab budaya untuk memohon keselamatan.
E.
Sampai
saat ini masyarakat Jogyakarta yang terkena bencana alam masih trauma
sehingga perlu kirap budaya untuk menerapi jiwa mereka
44. Tema
karya tulis: Pencegahan bahaya narkoba bagi generasi muda
Rumusan
masalah yang tepat berdasarkan topik tersebut adalah....
A. Bagaimana cara pencegahan narkoba bagi
generasi muda?
B.
Bagaimana bahaya narkoba bagi generasi
muda?
C.
Apakah narkoba berbaha bagi generasi
muda?
D.
Apakah ada pengaruh narkoba bagi generasi
muda?
E.
Apakah dampak narkoba bagi generasi
muda?
45. Cermati penggalan puisi berikut!
....
Rambutnya
indah sepanjang khatulistiwa membujur
Rambutnya
hita terbantun ombak
Gelung-bergelung
berkilauan mandi sinar matahari
Kalimat
bermajas yang tepat untuk melengkapi
penggalan puisi tersebut adalah....
A.
Anak kecil sedang tidur
B. Bunga kampung telah tidur
C.
Seorang putri cantik tertidur
D.
Perepuan muda terlelap tidur
E.
Perempuan manis tertidur.
46. Cermati kutipan drama berikut!
Anton:
(berjalan sambil tertawa) ya akhirnya aku menyadari ternyata aku memang bodoh
Reta
: (tersenyum sinis) baik kalau kau menyadari kekuranganmu, mulai hari ini,
pergilah
kau dari hadapanku dan kamu aturlah keuanganmu dengan baik
Anton:
(dengan wajah sinis) kau kira aku takut, aku akan pergi dari kehidupanmu,
apalagi
aku sudah sukses sekarang, aku bisa berdikari
Reta : (....)
Anton:
(suara merendah) tidak salah, bukannya kau yang telah memanfaatkan
kekayaanku.
Sekarang kau suru aku pergi.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah ....
A.
Janganlah kamu menghambur-hamburkan
kekayaanmu, ingat itu ya!
B.
Ya, silahkan, masih ada orang lain yang
membantuku
C. Lha, nanti aku akan seperti anak ayam
kehilangan induknya
D.
Ya bolehlah, semoga kau bisa lebih
sukses di tempat lain
E.
Saya doakan semoga kau bisa berhasil
47. Judul
novel: Sisi cinta Sissy
Pengarang
: Wulan Lusi
Novel
ini ditujukan sebagai bacaan remaja, dimulai dari awal sampai akhir cerita
disajikan berurutan dan menyatu dengan masalah remaja. Pengarang mengajak untuk
memikirkan akhir dari cerita novel ini. Bahasa yang digunakan adalah bahasa
remaja. Hanya saja dalam novel ini pengarang tidak menyelesaikan akhir cerita.
Trik penceritaan pengarang dengan membiarkan pembaca mengira-ngira apa yang
terjadi pada tokoh dan bagaimana akhir cerita tersebut. Namun, inilah yang
menggantung si pembaca terhadap kelanjutan cerita tersbut. Inilah seni
apresiasi si pengarang untuk pembaca.
Kalimat
resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan novel tersebut adalah....
A.
Tema cerita sangat sesuai dan akrab
dengan dunia seumur hidup
B.
Dari awal sampai akhir cerita sangat
menarik bagi pembaca
C. Akhir cerita mengajak pembaca untuk
mengapresiasi kelanjutan cerita
D.
Pengarang tidak menyelesaikan akhir
cerita
E.
Menggunakan bahasa remaja sehari-hari
48. Cermati kutipan cerpen berikut!
Anak
saya bercita-cita menjadi guru. Tentu saja, saya dan istri saya syok. Kami
berdua tahu, macam apa masa depan seorang guru. Oleh karena itu, sebelum
terlalu jauh, kami cepat-cepat mengajak dia ngomong” kami dengar selentingan
kamu mau jadi guru, Taksu? Betul?” Taksu mengangguk. “betul” “kami kaget,”
gila, masak kamu mau jadi guru? “ ya “ saya dan istri saya pandang-pandangan.
Itulah malapetaka. Kami sama sekali tidak percaya apa yang kami dengar. Apalagi
ketika kami tatap taja-tajam, mata Tiksu tampak tenang tak bersalah ia pasti
sama sekali tidak percaya dengan barusan diucapkannya. Jelas ia tidak tahu
permasalahannya.
Kalimat
kritik yang sesuai dengan kutipan sastra tersebut adalah....
A. Kehidupan guru tidak menjamin kesuksesan
hidup seseorang
B.
Profesi guru tidak dapat menjadi sebuah
cita-cita
C.
Sebaiknya jangan ada yang bercita-cita
menjadi guru
D.
Siapa saja boleh bercita-cita menjadi
guru yang kaya
E.
Benarkah penilaian terhadap guru
sebegitu buruknya di mata orang tua?
49. Cermati
paragraf esai berikut!
Pada
periode awal kepenyairannya, Taufiq Iamail cenderung menekankan citraan visual
dalam menggambarkan pengalaman estetik yang dibentuk dalam pengamatannya yang
tajam terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah. Ia mendata gunakan
kekuatan bahasa figuratif (majas) , puisi yang efektif untuk membangun
imajinasi pembaca. Sejak tahun 1970-1n hingga perode mutakhir kepenyairannya,
sajak-sajak Taufiq cenderung “prosaik naratif” ia menggunakan bahasa diskursif
yang diselingi permainan kata yang indah dan memikat....
Kalimat
simpuln esai sastra yang tepat adalah,....
A.
Jelaslah bahwa pada awal kepenyairanyya
Taufiq terlibat langsung dengan periatiwa sejarah, pada periode berikutnya ia
terlibat melalui perasaan dan pikirannya
B.
Jadi, Taufiq menggunakan metode
penciptaan puisi yang sama pada dua periode kepenyairannya
C.
Jadi, secara garis besar perkembangannya
kepenyairannya Taufiq Ismail di bagi dalam tiga periode
D. Jelaslah bahwa tTaufiq sangat memperhatikan
pemakaian bahasa dalam karyanya
E.
Dengan demikian, jelaslah bahwa bahasa
yang digunakan Taufiq Ismail sangat membantu pembaca memahami puisinya sehingga
karyanya tergolong komunikatif.
Bacalah kutipan
hikayat berikut dengan cermat!
“Sekarang
cobalah Guru ceritakan pula,” titah raja Dabsyalim kepada Baidaba. “Yang
manakah diantara sifat-sifat ini, berani, pemurah, pengasih, penyantun yang
harus dipilih raja untuk jadi sendi kekerasan dan kekuasaannya. Belumkah
tuanku mendengar cerita raja Balad dengan permaisuri Irah. “ Guru,
ceritakanlah supaya kita dengar sekali adalah peristiwa seorang raja brnama
Balad dengan wazirnya bernama Ilad.” Wazir itu seorang yang taat beribadah
dan saleh. Pada suatu malam raja bermimpi yang sangat menakutkan delapan
macam banyaknya tujuh hari siang baginda suruh panggil pendeta Brahmana
hendak meminta keterangan tabirnya.
|
50. Amanat
yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah…
A.
Seorang
raja harus memiliki sifat pengasih dan penyayang dalam menjalankan tugas
kepemimpinannya
B. Seorang
raja harus mempunyai sikap berani dalam menjalankan roda pemerintahannya
C. Seorang
raja hendaklah melindungi rakyat dari segala gangguan dan memperhatikan
kesejahteraanya
D. Seorang
sebaiknya mendengarkan semua yang dikatakan rakyatnya dengan baik
E. Seorang
raja tidak seharusnya berbicara dengan rakyat biasa untuk menceritakan
pribadinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar